Contoh Pidato yang Baik dan Benar

Diupload oleh Shabrina Nurul pada 3 Jun 2013 19:51
Berikut adalah contoh pidato yang (semoga) telah baik dan benar. Pidato ini sudah direvisi beberapa kali sehingga kemungkinan sedikit terdapat kesalahan. Semoga dapat menjadi referensi dalam menyelesaikan tugas Anda.
Tema : Gemar Membaca
 
 
Assalamu’alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi kita semua.
 
Yang terhormat Kepala SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya, Dra. Betty Hendri Puspitarini, M.Psi
         Yang saya hormatiBapak/Ibu Guru  beserta staf
         Yang saya hormati Wali Kelas X-7, Siska Dewi Yunita, S.Pd.
         Serta teman-teman yang saya sayangi
 
         Puji syukurkita panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala ridha dan rahmat-Nya, sehingga hari ini kita dapat berkumpul di aula sekolah pada Acara Bulan Bahasa. Tidak lupajuga, kita sampaikan shalawat serta salam kepada junjungan kita Rasulullah SAW.
Terimakasih saya ucapkan kepada Ibu Siska yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk mewakili kelas X-7 dalam menyampaikan pidato yang bertemakan “Indonesia Gemar Membaca”.
 
        Hadirin yang terhormat,sungguh mengherankan apabila kita mendengar ada orang yang mengatakan bahwa mereka bosan membaca. Padahal membaca adalah salah satu hobi menyenangkan.Dengan begitu, kita wajib mengetahui beberapa alasan bagi kita untuk memulai kebiasaan gemar membaca ini.
 
        Hadirin yang saya hormati,
        Perlu kita ketahui manfaat membaca yang pertama adalah sebagai proses pengembangan kecerdasan. Dengan membaca, berarti kita memaksa otak untuk memikirkan banyak hal yang belum kita ketahui. Kedua, membaca dapat memperbanyakkosakata. Kita dapat belajar menebak makna dari suatu konteks bacaan yang belum kita ketahui. Ketiga, membaca akan meningkatkan konsentrasi dan fokus terhadap buku yang sedang kita baca. Keempat, membangun kepercayaan diri. Semakin banyak membaca, semakin banyak pengetahuan yang akan didapatkan akan membangun kepercayaan diri.
 
        Hadirin yang berbahagia,manfaat membaca yang kelima adalah dapat meningkatkan kapasitas memori otak. Penelitian menunjukkan bahwa kita dapat kehilangan memori dalam otak apabila kita tidak sering mengingat kembali. Selain itu, membaca dapat meningkatkan kedisplinanapabila kita konsisten menambahkan kegiatan membaca dalam jadwal harian kita. Di sisi lain, kegiatan membaca dapat meningkatkan kreativitas. Membaca tentang keanekaragaman kehidupan dapat membantu perkembangan sisi kreatif pada otak.
 
       Hadirin yang dimuliakan Tuhan,manfaat terakhir kegiatan membaca adalah dapat mengurangi kebosanan dari kehidupan sehari-hari yang rumit.
Kini kita telah mengetahui, manfaat membaca tidak hanya untuk mengisi waktu luang. Seperti kata pepatah, buku merupakan jendela dunia. Maka dengan membaca buku tidak ada dimensi pembatas antara bangsa Indonesia dengan dunia luar. Oleh karena itu, marilah kita mensyukuri nikmat kemerdekaan bangsa dengan menanamkan kegemaran membaca dalam keseharian kita. Sukses untuk terus maju dan meraih cita-cita bangsa.
 
     Demikian pidato singkat dari saya. Terimakasih atas perhatianBapak/Ibu serta teman-teman untuk menghadiri acara ini.Akhir kata, saya ucapkan mohon maaf apabila terucap kata-kata yang kurang berkenan.
 
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
 
Diadaptasi dari blog pribadi saya :)

Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar
Loading comments...