Pangarmatim Tinjau Kesiapan Upacara Sertijab Kasal

Pangarmatim Tinjau Kesiapan Upacara Sertijab Kasal

Diupload oleh Dispen Armatim pada 24 Dec 2012 14:54

 

Surabaya, 24 Desember 2012

            Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H, M.Hum meninjau langsung kesiapan upacara (Gladi Bersih) serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Staf Angkatan :Laut (Kasal) yang berlangsung di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya, Senin (24/12).

            Serah terima jabatan Kasal dari Laksamana TNI Soeparno kepada penggantinya Laksamana Madya TNI  Marsetio, MM  tersebut, rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 27 Desember mendatang dengan Irup Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, SE. Turut meninjau kegiatan gladi bersih tersebut, Komandan Kobangdikal Laksda TNI Djoko Teguh Wahojo, Gubernur AAL Laksda TNI Heri Setianegara dan para pejabat teras TNI AL Surabaya lainnya.

            Pada pelaksanaan gladi bersih yang digelar pada pagi hari ini, seluruh peserta dan susunan upacara sama dengan pelaksanaan pada hari “H” nanti. Kesiapan mental prajurit itu telah ditunjukkan oleh seluruh peserta upacara, dengan menampilkan sikap terbaik tanpa ada kesalahan pada saat pelaksanaan latihan. Pangarmatim yang menyaksikan langsung gladi tersebut, juga merasa puas dengan hasil latihan yang digelar ini.

            Pada sertijab  Kasal nanti, pasukan upacara yang terlibat yaitu, satu Kompi Gabungan Perwira, satu Batalyon Bintara Koarmatim, satu Batalyon Tamtama Koarmatim, satu Batalyon Gabungan Bintara dan Tamtama Kobangdikal, dua Batalyon Gabungan Bintara dan Tamtama Marinir, satu Batalyon Pasukan Khusus (gabungan Puspenerbal, Satsel Koarmatim dan Dislambair), dan satu Batalyon Gabungan Pasukan Khusus (Satkopaska, Taifib) dan PNS.

            Selesai upacara parade, dilanjutkan dengan defile pasukan. Pada gladi tersebut, Pangarmatim dengan didampingi Ketua Panitia Kolonel Laut (P) Iwan Isnurwanto, S.H, MAP  juga menyaksikan gladi demo karate yang dimainkan oleh ratusan prajurit TNI AL dan Marinir.

            Pada siang harinya, juga digelar gladi bersih pelaksanaan Admiral Inspection. Inspeksi laut dengan menggunakan KAL Yudistira ini merupakan salah satu tradisi dilingkungan TNI AL yang dilaksanakan guna memeriksa kesiapan unsur-unsur TNI AL untuk yang terakhir kalinya, sebelum tongkat estafet kepemimpinan diserahterimakan.Tradisi ini biasanya digelar menjelang pergantian jabatan Kepala Staf Angkatan Laut maupun pada saat pergantian Panglima Komando Armada RI Kawasan. Kegiatan tersebut, selain sebagai ajang salam perpisahan dengan para prajuritnya, juga merupakan kesempatan untuk memperkenalkan pemimpin yang baru. (Dispenarmatim).

Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar
Loading comments...