Pangarmatim Cek Kesiapan Gelar Unsur Laut Latgab TNI 2013

Pangarmatim Cek Kesiapan Gelar Unsur Laut Latgab TNI 2013

Diupload oleh Dispen Armatim pada 23 Apr 2013 14:09

Surabaya, 23 April 2013

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum., mengecek kesiapan pasukan dan material tempur unsur laut dalam rangka Latihan Gabungan (Latgab) TNI tahun 2013 yang akan digelar dalam waktu dekat ini. Pada kesempatan itu Pangarmatim didampingi  Kepala Staf Koarmatim Laksamana Pertama TNI Darwanto, S.H., M.A.P.,  Komandan Guspurla Armatim Laksamana Pertama TNI Arie Soedewo, Komandan Pasmar-1 Surabaya Brigjen TNI Marinir Siswoyo Hari Santoso serta para pejabat yang terlibat dalam Latgab TNI tahun 2013.

Material tempur yang digelar diantaranya adalah 7 unit Tank LVT 7-A1 buatan Amerika, 5 Tank BMP-3F (Rusia), 6 Tank BTR-50 (Rusia), 2 Tank BVP, 2 Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri (KAPA), 4 meriam Howitzer, 2 kendaraan pengangkut Roket Multi Laras RM-70 Grad, 6 kendaraan angkut pasukan, 1 kendaraan patroli kawal, 6 sekoci karet dan beberapa unsur kapal perang.

Sedangkan pasukan yang diperikasa terdiri dari 1 Batalyon pasukan Komando Tugas Gabungan Laut (Kogasgabla) yang terdiri dari kapal-kapal perang kombatan, 1 Batalyon pasukan Komando Tugas Gabungan Amfibi (Kogasgabfib) terdiri dari tim Komando Pasukan Katak (Kopaska), Intai  Amfibi (Taifib), Penyelam Tempur, unsur-unsur Satuan Kapal Amfibi (Satfib), dan Pesawat Udara.  Kemudian 1 Batalyon Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin) yang terdiri dari kapal perang jenis Landing Ship Tank (LST) dan angkut pasukan serta 1 Kompi Polisi Militer Angkatan Laut (POMAL).

Pada kesempatan itu Pangarmatim memeriksa seluruh Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) tersebut,  kemudian juga menanyakan dan menguji kemampuan para awak senjata tersebut. Selanjutnya Pangarmatim beserta rombongan meninjau Kapal Perang Republik Indonesi (KRI) Maksara-590 yang akan dijadikan sebagai kapal markas sekaligus kapal pendukung kegiatan protokoler.

Melalui gladi Gelar Kekuatan Laut tersebut, Pangarmatim berharap agar seluruh komandan Komando Tugas Gabungan (Kogasgab) segera menindaklanjuti dan  memperbaiki semua kekurangan yang ditemukan, sehingga pada saat gelar kekuatan laut nanti semuanya dalam kondisi sempurna. Rencananya untuk gelar  unsur laut Latgab TNI 2013 yang dilaksanakan di Dermaga Koarmatim Ujung dalam waktu dekat ini, akan dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Marsetio.

“Kewajiban bagi masing-masing komandan untuk memberikan pembekalan kepada anak buah agar mereka mengerti tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan pada tahap pelaksanaan latihan nanti”, kata Pangaramtim. (Dispenarmatim).

Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar
Loading comments...