SATKOPASKA KOARMATIM EVAKUASI “KORBAN” DI LAUT

SATKOPASKA KOARMATIM EVAKUASI “KORBAN” DI LAUT

Diupload oleh Dispen Armatim pada 10 Nov 2014 13:35


Balikpapan, 10 Nopember 2014,

Masyarakat Balikpapan memenuhi Pelabuhan Semayang untuk menyaksikan demonstrasi yang dilakukan oleh seluruh peserta latihan SAR di laut. Demostrasi yang dilaksanakan dimulai dari terjun Free Fall oleh Komando Pasukan Katak (Kopaska) Koarmatim menggunakan pesawat Cassa U-615, lalu terjun laut dari Helly Bolco, yang kemudian menyelamatkan korban untuk dievakuasi dengan menggunakan Rescue Net oleh pasukan khusus Basarnas, Senin (10/11).

 

Kegiatan lainnya, adalah demo penanggulangan kebakaran kapal dan kebocoran tumpahan minyak di laut secara cepat oleh Tug Boat Pertamina dan Total, kemudian dilanjutkan melaksanakan pemadaman serta meminimalisir tumpahan minyak tersebut, serta bagaimana kecepatan tim medis yang terkordinir oleh RS. Pertamina untuk mengevakuasi dan menangani korban dalam musibah tersebut, dibantu oleh gabungan Tim Medis dari berbagai instansi yang terlibat dalam pelaksanaan latihan SAR di laut, dan diakhir demo dilanjutkan dengan Sailing Pass dari unsur KRI maupun pendukung latihan SAR di laut.

 

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut merupakann sekelumit demonstrasi Latihan SAR di laut, sebelum kegiatan tersebut di tutup dalam suatu upacara yang di pimpin langsung oleh Asops Kasal Laksamana Muda TNI Arief Rudianto, S.E., M.M. Upacara penutupan diikuti oleh seluruh unsur yang terlibat dalam latihan dan diakhiri dengan pemberian sertifikat.

 

Dalam sambutannya Asops Kasal menyampaikan, bahwa pelaksanaan kegiatan Search and Rescue (SAR) merupakan implementasi dan aktualisasi dari nilai-nilai kemanusiaan dalam tataran pergaulan antar umat manusia. Misi kemanusiaan ini menjadi semakin penting dan dipandang sebagai suatu kewajiban mulia, manakala suatu bangsa berada dalam kondisi kehidupan yang berbudaya dengan masyarakat yang beradap.

 

“Oleh karena itu, sudah sepatutnyalah TNI AL dalam hal ini Koarmatim, terpanggil untuk turut serta berperan aktif dalam misi-misi kemanusian  termasuk dalam kegiatan Pencarian dan Penyelamatan (SAR) di laut. Tugas pokok TNI AL dalam UU TNI No. 34 Tahun 2004, bahwa dalam melaksanakan tugas pokoknya, selain Operasi Militer Perang (OMP) juga melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP),”kata Asops Kasal

                                     (Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Abdul Kadir)

Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar
Loading comments...