KOARMATIM LAKSANAKAN AKRS PERINGATI HARI PAHLAWAN

KOARMATIM LAKSANAKAN AKRS PERINGATI HARI PAHLAWAN

Diupload oleh Dispen Armatim pada 10 Nov 2014 13:47


Surabaya, 10 November 2014

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2014, Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Sri Mohamad Darojatim, S.E menghadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Surabaya, Minggu (10/11). Malam.

Apel AKRS dipimpin oleh Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo yang didampingi oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf beserta Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko dan Kapolda Jatim Irjen Drs.Anas Yusuf, S.H., M.M. Apel berlangsung dalam suasana penuh khidmat dalam area kawasan kusuma bangsa. Acara dimulai tepat pukul 00.00 Wib. Upacara diawali dengan pembacaan Ikrar yang dibacakan langsung oleh Gubernur Jatim yang di terangi oleh nyala obor pada saat acara berlangsung.

Di area Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa ini terdiri dari 332 orang TNI, Polri 36 orang, PNS 175 orang, Pejuang Rakyat 7 orang dan pahlawan tak dikenal sebanyak 334 orang. Upacara diikuti oleh sebanyak 1 Unit Korsik 1 ton Wan TNI/Polwan, 1 ton Taruna AAL, 1 ton TNI AD, 1 ton TNI AL, 1 ton TNI AU, 1 ton Polri, 1 ton Korpri, 1 ton Linmas Kota, 1 Ton, Organisasi Pemuda, Pramuka, serta mahasiswa.

Kesokan harinya jajaran Koarmatim mengikuti upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2014, di Tugu Pahlawan Surabaya yang dipimpin Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo, dihadiri Komandan Gusgus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmatim Laksamana Pertama TNI Heru Kusmanto, para Asisten Pangarmatim dan Kasgartap III Surabaya Brigjen TNI Mar R. Gatot Suprapto.

Pada saat yang sama prajurit Koarmatim melaksanakan Ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) 10 November, Mayjen Sungkono Surabaya. Bertindak selaku Inspektur Upacara Ketua DPRD Provinsi Jatim Halim Iskandar dengan Komandan Upacara Kasubditdalmas Polda Jatim Komisaris Polisi Toni S. Usai upacara dilaksanakan tabur bunga ke makam pahlawan 10 November oleh seluruh peserta upacara.

Sekilas tentang sejarah yang melatarbelakangi tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan adalah peristiwa pertempuran hebat yang terjadi di Surabaya antara arek-arek Suroboyo dengan serdadu NICA yang diboncengi Belanda tanggal 10 November 1945. Momentum peperangan di Surabaya tersebut menjadi legitimasi peran militer dalam perjuangan merebut kemerdekaan.

 

 (Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Abdul Kadir)

   

Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar
Loading comments...